Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Gasal Bahasa Indonesia Kelas 8 Terbaru
Penilaian Akhir Semester Gasal Bahasa Indonesia Kelas 8 Terbaru
Halo sobat BI,
Kali ini saya akan berbagi informasi yang nantinya bisa sebagai referensi buat kalian semua. Mendekati akhir tahun 2020 tepatnya di bulan Desember, sudah umum jika sekolah akan mengadakan evaluasi pembelajaran untuk semester gasal ini. Penilaian Akhir Semester Gasal atau PAS merupakan unsur pokok untuk menentukan nilai rapor kita selama mengikuti proses pembelajaran kurang lebih 1 semester atau 6 bulan. Berikut saya sampaikan kisi-kisi PAS Gasal Mapel Bahasa Indonesia untuk kelas 8.
Kisi-Kisi PAS Gasal Tahun 2020/2021 Bahasa Indonesia Kelas 8
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan
memotivasi) yang didengar dan dibaca. |
Teks
Berita -
Unsur-unsur Berita -
Informasi/Isi Berita
|
Disajikan
kutipan teks berita siswa dapat menentukan pokok berita dengan benar |
Disajikan
kutipan teks berita siswa dapat menentukan unsur-unsur berita dengan benar |
||
Disajikan
kutipan teks berita siswa dapat menentukan persamaan informasi isi berita
dengan tepat |
||
Disajikan
kutipan teks berita siswa dapat menentukan unsur berita yang tidak ada di
dalam teks dengan benar |
||
Disajikan
teks berita siswa dapat menyimpulkan isi teks berita dengan benar |
||
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar
dan dibaca.
|
Teks Berita -
Struktur Teks Berita
(judul, kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita) -
Unsur Kebahasaan Teks
Berita (Kata tak baku, verba mental)
|
Disajikan teks berita, siswa dapat
menentukan struktur teks dengan tepat |
Disajikan
teks berita, siswa dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan isi teks |
||
Disajikan
teks berita, siswa dapat menentukan kata tidak baku dalam teks dengan tepat. |
||
Disajikan
teks berita siswa dapat menentukan verba mental dalam teks dengan tepat. |
||
3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster
(yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar. |
Teks Iklan, Slogan, dan Poster -
Informasi dalam teks
(kalimat pendapat dalam iklan, unsur poster,respons penerima, makna slogan)
|
Disajikan
teks iklan siswa dapat menentukan kalimat berupa pendapat dalam iklan
penawaran dengan tepat. |
Disajikan
poster, siswa dapat menentukan unsur yang terkandung dalam poster dengan
tepat. |
||
Disajikan
poster, siswa dapat menentukan respons penerima poster dengan tepat. |
||
Disajikan
slogan, siswa dapat menentukan makna slogan dengan tepat. |
||
Disajikan
ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai dengan
ilutrasi. |
||
3.4. Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan,
atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang
dibaca dan didengar. |
Teks Slogan Iklan dan Poster - Struktur teks iklan (pengenalan produk, pernyataan persuasif) - Makna kata - Pola penyajian iklan |
Disajikan
teks iklan, siswa dapat menentukan struktur dalam iklan penawaran dengan
tepat. |
Disajikan
teks iklan, siswa dapat menentukan makna kata dalam iklan penawaran dengan
tepat. |
||
Disajikan
teks iklan, siswa dapat menentukan pola penyajian iklan baris dengan tepat. |
||
Disajikan
teks iklan, siswa dapat menjelaskan isi iklan baris dengan tepat. |
||
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel
ilmiah populer dari koran/majalah yang didengar dan dibaca. |
Teks Eksposisi -
Informasi teks (gagasan
utama, simpulan teks) |
Disajikan
beberapa paragraf, siswa dapat menentukan paragraf yang termasuk teks
eksposisi dengan tepat. |
Disajikan
kutipan teks eksposisi, siswa dapat menyebutkan gagasan dan fakta yang
terdapat dalam teks dengan tepat. |
||
Disajikan
kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan penyataan yang sesuai dengan
isi teks |
||
Disajikan
kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf |
||
Disajikan
kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan simpulan paragraf dengan tepat |
||
3.6 Mengidentiflikasi
struktur dan unsur kebahasaan dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel
ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/keragaman budaya, dll) |
Teks Eksposisi -
Struktur
teks (tesis, rangkaian pendapat, penegasan ulang) -
Unsur kebahasaan
(konjungsi temporal) -
Ringkasan
teks |
Disajikan
teks eksposisi, siswa dapat menentukan struktur teks dengan tepat |
Disajikan
teks eksposisi, siswa dapat menentukan argumen yang terdapat dalam teks |
||
Disajikan
teks eksposisi, siswa dapat menentukan konjungsi temporal yang terdapat dalam
teks |
||
Disajikan
kutipan teks eksposisi, siswa dapat menentukan ringkasan teks dengan benar |
||
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang
diperdengarkan atau dibaca. |
Teks Puisi - Unsur-unsur puisi (tema, suasana, majas, citraan) |
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan tema puisi dengan tepat |
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan suasana yang tergambar dalam puisi
dengan tepat |
||
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan majas yang terdapat dalam baris puisi
dengan tepat |
||
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan citraan/imaji dalam puisi dengan tepat |
||
Disajikan
teks puisi, siswa dapat menentukan tema, amanat, dan majas yang terdapat
dalam teks puisi dengan tepat |
||
3.8 Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dll) yang
diperdengarkan atau dibaca. |
Teks Puisi -
Maksud,
amanat, lambang, pilihan kata |
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan maksud puisi dengan tepat |
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan amanat puisi dengan tepat |
||
Disajikan
kutipan puisi, siswa dapat menentukan makna lambang kata dalam puisi dengan
tepat |
||
Disajikan
kutipan puisi yang rumpang, siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat
untuk melengkapinya |
||
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa
paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca. |
Teks Ekplanasi -
Informasi
teks (ciri teks eksplanasi, gagasan pokok, pernyataan yang sesuai, jenis
teks) |
Disajikan
kutipan teks eksplanasi, siswa dapat menentukan ciri teks eksplanasi dengan
tepat |
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan gagasan pokok paragraf dengan tepat |
||
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi
teks |
||
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan jenis teks eksplanasi |
||
3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu
fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca. |
Teks Eksplanasi -
Struktur teks eksplanasi
(identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, ulasan) -
Unsur kebahasaan
(konjungsi kausalitas, makna kata,) |
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan struktur teks dengan tepat |
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan struktur teks dengan tepat |
||
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan konjungsi kausalitas dengan tepat |
||
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat menentukan makna kata dengan tepat |
||
Disajikan
teks eksplanasi, siswa dapat merangkai susunan kalimat membentuk teks
eksplanasi dengan tepat |
0 Response to "Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Gasal Bahasa Indonesia Kelas 8 Terbaru"
Post a Comment