Materi Teks Eksposisi Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 1

 Materi Teks Eksposisi Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 1

Halo sobat guru BI, 
Materi teks eksposisi kelas 8 semester 1 mencakup pengertian, ciri-ciri, karakteristik, jenis, struktur, dan ciri kebahasaan.
Apa itu teks eksposisi? dan apa saja yang ada di dalamnya? mari simak ulasan berikut.



Pengertian, Ciri-ciri, Karakteristik, Jenis, Struktur, dan Ciri kebahasaan Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Eksposisi menurut KBBI merupakan uraian (paparan) yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan (misalnya suatu karangan). Jadi, teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi uraian mengenai informasi tertentu dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan pembaca. Teks eksposisi ini termasuk jenis karya ilmiah atau nonfiksi sehingga dalam pembuatannya harus bersumber pada pengamatan, penelitian atau bisa juga berdasarkan pengalaman.

Ciri-ciri Teks Ekposisi

Berikut ciri-ciri teks eksposisi.
  1. Berisi informasi seputar pengetahuan
  2. Terdapat unsur apa, kapan, mengapa, dan bagaimana
  3. Menggunakan bahasa baku dan lugas
  4. Bertujuan memperluas pengetahuan pembaca

Karakteristik Teks Eksposisi

Karakteristik teks eksposisi berupa uraian atau karangan bersifat ilmiah yang di dalamnya berisi informasi-informasi mengenai sesuatu yang disampaikan secara lugas dengan maksud atau tujuan tertentu. Penulisan teks eksposisi didasarkan pada penelitian atau pengamatan sehingga data yang diperoleh nantinya berisi fakta-fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

1.Eksposisi berita

Eksposisi berita merupakan jenis teks eksposisi yang berisi seputar berita mengenai suatu hal. Jenis teks ini umumnya sering dijumpai di surat kabar.

Contoh :

(suara.com) Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat aktivitas gunung berapi aktif di dunia karena Indonesia melintasi sirkum pasifik. Oleh karena itu terdapat banyak sekali gunung aktif ada di Indonesia. Dengan jumlah gunung berapi yang banyak, membuat Indonesia memiliki risiko besar mengalami bencana gunung Meletus. Aktivitas gunung berapi di Indonesia memiliki status atau tingkatan mulai dari aktif normal, waspada, siaga dan awas. 4 tingkatan aktivitas gunung berapi tersebut menandakan kondisi dan aktivitas vulkanik pada gunung berapi.

2. Eksposisi definisi

Eksposisi definisi merupakan jenis teks eksposisi yang berisi pengertian, penjelasan, atau pemaparan mengenai suatu topik tertentu.

Contoh :

Drama sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu draomai yang berarti berbuat, bertindak. Kata drama dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau tindakan. Secara umum, pengertian drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Pementasan naskah drama dapat dikenal dengan istilah teater. Drama juga dapat dikatakan sebagai cerita yang diperagakan di panggung dan berdasarkan sebuah naskah.

3. Eksposisi proses

Eksposisi proses merupakan jenis paragraf eksposisi yang berisi proses terjadinya sesuatu atau cara membuat sesuatu.

Contoh :  

Wedang jahe selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan imun pada tubuh. Cara membuatnya juga cukup mudah. Pertama cucu jahe hingga bersih, lalu tumbuk jahe tersebut. Kemudian panaskan air dalam panci dengan air secukupnya. Masukkan jahe yang sudah ditumbuk tadi dan tunggu beberapa menit. Wedang jahe siap untuk disajikan. 

4. Eksposisi ilustrasi

Eksposisi ilustrasi adalah jenis teks eksposisi yang berisi perbandingan objek satu dengan objek lain yang memiliki kemiripan atau kesamaan sifat.

Contoh :

Kekuatan persaudaraan sangatlah kuat. Kekuatan yang dimiliki persaudaran sama halnya dengan sebuah sapu lidi. Sapu lidi yang terikat dengan baik dengan lidi lidi yang dimilikinya akan memiliki ketahanan yang sangat kuat. Sama halnya dengan kekuatan persaudaran yang tidak akan goyah bila mereka semua saling terikat dan tidak tercerai berai. Sama halnya dengan sapu lidi yang tercerai berai hingga tinggal lidi lidinya saja yang sangat lemah dan mudah patah, kekuatan persaudaran pun akan seperti itu, bila mereka tercerai berai, mereka akan lemah dan bahkan menjadi kelemahan buat mereka. Oleh karena itulah, jagalah persaudaran kalian dengan erat dan jangan biarkan dia melonggar.

5. Eksposisi klasifikasi

Klasifikasi dapat diartikan sebagain pengelompokkan. Jadi, eksposisi klasifikasi merupakan jenis teks eksposisi yang berisi pengelompokan ke dalam kategori-kategori sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Contoh :

Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan fisik, akan tetapi dapat juga menyehatkan mental yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Sebab, ternyata kegiatan belajar bukan hanya kegiatan intelektual saja, melainkan juga fisik. Dave Meier membagi aktivitas belajar menjadi empat kategori yaitu Somatis adalah belajar dengan bergerak dan berbuat, Auditori adalah belajar dengan berbicara dan mendengar, Visual adalah belajar dengan mengamati dan menggambarkan , serta Intelektual adalah belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Keempat aktivitas belajar ini harus dikuasai sehingga kemampuan intelektual yang dimiliki dapat berkembang dengan optimal.

6. Eksposisi analisis

Eksposisi analisis adalah jenis teks eksposisi yang berisi tentang proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan. 

Contoh : 

Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut. … 

Struktur Teks Eksposisi

1.  Pernyataan pendapat ( tesis )
Bagian awal dalam teks eksposisi yang berisi opini atau pendapat penulis mengenai sesuatu yang didasarkan pada fakta. Bagian ini bisa dikatakan sebagai bagian pembuka dalam teks eksposisi.

2.  Argumentasi
Bagian ini merupakan kelanjutan dari tesis yang berisi fakta-fakta guna untuk mendukung pendapat penulis.

3.  Penegasan ulang
Bagian akhir dalam teks eksposisi yang berisi penguatan kembali pendapat-pendapat penulis berdasarkan fakta-fakta pada bagian argumentasi. 

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

1.  Bersifat informatif, memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu hal.
2.  Bersifat objektif artinya informasi-informasi yang disampaikan apa adanya sesuai dengan kebenaran
3.  Berdasarkan fakta, berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ada dan tidak ada unsur rekayasa.
4.  Pronomina, menggunakan kata ganti aku atau saya
5.  Konjungsi, umumnya menggunakan kata penghubung kemudian dan selanjutnya.
6.  Bahasa yang digunakan bahasa baku.
7.  Menggunakan istilah
8.  Terdapat kalimat langsung


Inilah ulasan mengenai materi pembelajaran teks eksposisi, semoga bisa bermanfaat.




















0 Response to "Materi Teks Eksposisi Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel