Contoh Soal Skd Kedinasan dan Pembahasan Materi Tes Intelegensia Umum 2021

 Contoh Soal SKD Kedinasan dan Pembahasan Materi Tes Intelegensia Umum 2021

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk sekolah ikatan dinas terbagi menjadi 3 materi pokok, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Bagi teman-teman khususnya ingin masuk sekolah ikatan dinas, segera persiapkan diri. Pelajari dan berlatih mengerjakan soal-soal berkaitan dengan tes SKD. Terbiasa mengerjakan latihan-latihan soal Tes SKD Kedinasan akan sangat membantu kalian ketika kalian mengerjakan Tes sesungguhnya. Berikut saya bagikan contoh soal SKD kedinasan dan pembahasannya sebagai bahan referensi kalian semua untuk tes kedinasan.




Contoh Soal SKD Kedinasan 2021 TIU Kemampuan Verbal

Soal yang ada pada seleksi kompetensi dasar untuk masuk sekolah ikatan dinas adalah kemampuan verbal yang ada di subtes TIU. TIU kemampuan verbal tes skd kedinasan meliputi sinonim, antonim, analogi, penalaran logis, penalaran analitis, dan kemampuan figural. 

Contoh Soal Sinonim Tes Kedinasan 

Sinonim bisa diartikan persamaan kata. Soal jenis ini di SKD masuk kategori sukar, karena berakitan dengan istilah-istilah asing, kata serapan. Penting buat kalian untuk mempelajari kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Mayoritas soal-soal sinonim berpedoman pada KBBI.

Isolasi = . . . .
a.  tindakan
b.  keadaan
c.  penyekatan
d.  sendiri
e.  terinfeksi
Jawaban C

Pembahasan
Isolasi (KBBI) adalah pemisahan, pengasingan, penyekatan, pengucilan.



Indikasi  = . . . .
a.  petunjuk 
b.  sarana
c.  pemahaman
d.  penemuan
e.  analisa
Jawaban A


Pembahasan

Indikasi ( KBBI ) adalah tanda-tanda menarik perhatian, petunjuk.



Suspek = . . . .
a.  sakit
b.  terpapar
c.  dicurigai
d.  terkena
e.  virus
Jawaban C


Pembahasan 
Suspek berasal dari bahasa Inggris " suspect " yang berarti tersangka, diduga atau dicurigai.


Mutasi = . . . .
a.  penambahan
b.  baru
c.  kemampuan
d.  perubahan
e.  daya cipta
Jawaban D


Pembahasan 

Mutasi (KBBI) adalah pemindahan, perubahan.



Spesimen = . . . .
a.  kelompok
b.  keseluruhan
c.  uji coba
d.  hasil
e.  bagian
Jawaban E


Pembahasan 

Spesimen (KBBI) adalah bagian dari keseluruhan, bagian dari kelompok, contoh.



Baca juga :

Contoh Soal Sinonim Kedinasan

Contoh Soal dan Pembahasan Sinonim SBMPTN 


Contoh Soal Antonim Tes Kedinasan 

Antonim adalah lawan kata. Kita dituntut unutk bisa menemukan arti atau makna berlawanan pada soal. Berdasarkan pengalaman, soal jenis ini lebih sulit dari sinonim. Banyak-banyak berlatih soal antonim dan jadikan KBBI teman belajar kalian.

Konfirmasi >< . . . .
a.  penegasan
b.  pembenaran
c.  penyangkalan
d.  pembelaan
e.  peniadaan
Jawaban C

Pembahasan
Konfirmasi (KBBI) adalah penegasan, pengesahan, pembenaran.
Jadi, antonim dari kata konfirmasi adalah penyangkalan.


Rentan >< . . . .
a.  kuat
b.  terbuka
c.  peka
d.  lemah
e.  sukar
Jawaban E

Pembahasan
Rentan (KBBI) adalah peka, mudah.
Jadi, antonim "rentan" adalah sukar.


Plural >< . . . .
a.  banyak
b.  tunggal
c.  viral
d.  ganda
e.  teori
Jawaban B

Pembahasan 
Plural (KBBI) adalah jamak, lebih dari satu.
Jadi, antonim "plural" adalah tunggal.


Ritel >< . . . .
a.  eceran
b.  grosir
c.  diskon
d.  bonus
e.  subsidi
Jawaban B

Pembahasan
Ritel adalah bisnis penjualan barang dan jasa dalam jumlah satuan atau eceran.
Jadi, antonim "ritel" adalah grosir.


Sinkron >< . . . .
a.  sumbang
b.  sejajar
c.  selaras
d.  seimbang
e.  sejalan
Jawaban A

Pembahasan
Sinkron (KBBI) adalah sejajar, selaras, sejalan, sesuai.
Jadi, antonim "sinkron" adalah sumbang.

Pada bagian antonim, terkadang option-option pada jawaban merupakan sinonim dari soal. Jadi perlu cermat dalam menentukan jawaban.

Contoh Soal Analogi Tes Kedinasan

TIU Analogi adalah adalah bentuk tes kemampuan verbal yang menuntut kita mempunyai kemampuan menemukan makna dari dua kata atau lebih. Pada tes ini, kalian akan dihadapkan pada dua kata atau lebih, kemudian kalian diminta menemukan dari beberapa kata tersebut. Bagian ini kalian harus bisa menemukan kata kunci sebagai penghubung beberapa kata pada soal. Kata kunci yang kalian temukan, lebih khusus akan lebih mudah dalam menemukan jawaban. 

. . . : kepercayaan = kesalahan : . . . .
a. kekuatan – kecerobohan
b. pengkhianatan – kesempurnaan
c. kebaikan – kelemahan
d. ketakutan – ketelitian
e. keyakinan - ketidakmampuan
Jawaban B

Pembahasan
Penghianatan " menghancurkan " kepercayaan
Kesalahan " menghancurkan " kesempurnaan.
Kata "menghancurkan" ini adalah kata kunci. Kata kunci ini harus sejalan dan harus sama antara soal dengan option jawaban. Perlu diingat! jangan sampai kebalik ketika menerapkan kata kunci, kalau dari kiri ke kanan, di option jawaban juga harus dari kiri ke kanan, begitu pula sebaliknya.

Manusia : . . . = burung : . . . .
a. Berkaki – terbang
b. Makhluk – Merpati
c. Wanita – berbulu
d. Berumah – bersarang
e. Bersosial – bertelur
Jawaban D

Pembahasan
berumah "identik dengan" manusia (menempati rumah)
bersarang "identik dengan" burung (menempati sarang).

Tropis : . . . = cemara : . . . .
a. Cuaca – hutan
b. Sinar – pegunungan
c. Iklim – pohon
d. Panas – tumbuhan
e. Khatulistiwa – hijau
Jawaban C

Pembahasan
Tropis "jenis" iklim
cemara "jenis" pohon. 

. . . . : katak = ulat : . . . .
a. Serangga – kupu-kupu
b. Sawah – kepompong
c. Kolam – bulu
d. Berlendir – gatal
e. Nyamuk – burung
Jawaban E

Pembahasan
Katak "memakan" nyamuk / nyamuk "makanan" katak, 
burung "memakan" ulat / ulat "makanan" burung.

Matahari : terik = . . . : . . . .
a. Lampu : bersinar
b. Bumi : bulan
c. Merkurius : bumi
d. Panas : api
e. Bulan : benderang
Jawaban E

Pembahasan
Terik "asosiasi dari" matahari
Benderang "asosiasi dari" bulan

Contoh Soal Penalaran Logis Tes Kedinasan 

Penalaran logis adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan secara logis atau masuk akal. Pada bagian ini, silahkan kalian pelajari materi penarikan kesimpulan meliputi premis maupun silogisme. Kuncinya, cari jawaban yang paling masuk akan sesuai dengan konteks soal yang ada. Ingat, jangan samakan pernyataan-pernyataan pada soal dengan kehidupan sehari-hari. 

Semua siswa suka membaca. Siswa yang suka membaca mahir berbicara. Siswa yang mahir berbicara tidak suka menyanyi.
a.  Siswa yang tidak suka menyanyi suka membaca
b.  Semua siswa suka membaca dan mahir berbicara
c.  Sebagian siswa suka membaca dan tidak suka menyanyi
d.  Semua siswa mahir berbicara dan menyanyi
e.  Sebagian siswa tidak suka menyanyi dan membaca
Jawaban A

Pembahasan
Premis 1 : semua siswa suka membaca
Premis 2 : siswa yang suka membaca mahir berbicara
Kesimpulan : semua siswa suka membaca dan mahir berbicara
Premis 3 : siswa yang mahir berbicara tidak suka menyanyi
Kesimpulan : siswa yang tidak suka menyanyi suka membaca

Bermain bola, selalu mengenakan sepatu. Memakai sepatu selalu disertai kaus kaki.
a. Bermain bola harus mengenakan kaus kaki.
b. Kaus kaki dan sepatu selalu digunakan bersamaan.
c. Bukan bermain bola jika tidak memakai sepatu dan kaos kaki.
d. Jika sepatu dipakai, kaos kaki tidak dipakai.
e. Jika bermain bola harus memakai sepatu bukan kaos kaki.
Jawaban C

Pembahasan
Syarat bermain bola : memakai sepatu. Memakai sepatu harus dengan kaus kaki.
Jadi, kesimpulan "bermain bola harus memakai sepatu dan kaus kaki". Ini semakna dengan option jawaban yang C. 

Semua makanan enak rasanya gurih dan lezat. Singkong berasa gurih dan lezat.
a. Singkong makanan yang rasanya lezat.
b. Semua makanan berasa gurih dan lezat termasuk singkong
c. Jika berasa guri dan lezat adalah makanan
d. Singkong adalah makanan enak
e. Tidak semua singkong berasa gurih dan lezat
Jawaban D

Pembahasan
Syarat makanan enak : memiliki rasa gurih dan lezat. Singkong rasanya gurih dan lezat.
Jadi, singkong termasuk makanan enak.

Semua guru divaksinasi. Guru yang divaksinasi boleh melakukan pembelajaran tatap muka.
a. Semua guru boleh melakukan pembelajaran tatap muka
b. Pembelajaran tatap muka dilakukan setelah vaksinasi
c. Sebagian guru yang divaksinasi boleh mengadakan kegiatan tatap muka.
d. Pembelajaran tatap muka menunggu proses vaksinasi
e. Guru tidak boleh melakukan pembelajaran tatap muka karena belum divaksinasi
Jawaban A

Pembahasan
Premis 1 : Semua guru sudah divaksinasi.
Premis 2 : Guru yang sudah divaksin boleh melakukan pembalajaran tatap muka.

Premis 1 ada kata semua, secara otomatis guru yang ada di premis 2 juga semua.
Jadi, kesimpulan "semua guru boleh melakukan pembelajaran tatap muka".

Semua karyawan X yang berkeluarga dan memiliki 2 anak memperoleh bantuan dan fasilitas. Dimas berkeluarga dan memiliki 2 anak tidak memperoleh bantuan dan fasilitas.
a. Dimas memiliki keluarga tetapi belum mempunyai anak.
b. Dimas adalah karyawan yang belum berkeluarga.
c. Dimas bukan karyawan X.
d. Dimas memiliki 2 anak tetapi bukan karyawan.
e. Dimas karyawan x dan mengharap bantuan dan fasilitas.
Jawaban C

Pembahasan
Syarat memperoleh bantuan dan fasilitas adalah karyawan X yang berkeluarga dan memiliki 2 anak.
Dimas sudah berkeluarga dan memiliki 2 anak tetapi tidak menerima bantuan dan fasilitas.
Jadi, kesimpulan yang paling mungkin benar adalah Dimas bukan karyawan X.

Contoh Soal Penalaran Analitis Tes Kedinasan

Penalaran analitis merupakan bentuk tes penalaran yang akan menguji kemampuan kita dalam memahami, menganalisa, dan memberi kesimpulan berdasarkan data. Pada tes ini, kita dituntut untuk mempunyai kemampuan mengalanisa lebih pada suatu data. Selain itu, kita harus teliti dan cermat dalam memahami data. Setiap pernyataan yang ada pada data penting dan berkaitan satu sama lain. 

Kepandaian A tidak sebaik B. C cukup pandai, sehingga lebih baik daripada D. E lebih pandai dari F yang menduduki peringkat paling akhir. B cukup pandai, tetapi C lebih pandai dari B. G Sama pandainya dengan D dan kalah pandai dari E. B lebih pandai dari G dan E.
Siapakah yang paling pandai diantara mereka?
a. A
b. E
c. B
d. C
e. G
Jawaban D

Pembahasan
Sesuai data
A < B
C > D
E > F, D, G
C > B
G = D
B > G, E
F paling akhir
Urutan dari yang paling pandai :
C-B-E-G=D-A-F


Seorang karyawan berencana untuk berbelanja barang kebutuhan pernikahan pelanggannya. Rencana barang yang akan dibeli meliputi : bunga, pas photo, lampu hias, karpet merah, dan layar kuing emas. Adapun peraturan dalam pernikahan diantaranya :
1. Bunga harus dipasang jika pas photo dipasang dan sebaliknya.
2. Memasang layar kuning emas harus disertai karpet merah.
3. Karpet merah dipasang bersamaan dengan lampu hias.
4. Dalam pernikahan harus ada bunga.
Jika pelanggan menginginkan adanya karpet merah dipernikahannya, maka yang harus dibeli karyawan tersebut adalah . . . .
a. Bunga, karpet merah, layar kuning emas
b. Bunga, karpet merah, lampu hias, pas photo
c. Pas photo, layar kuning emas, bunga, karpet merah
d. Bunga, pas photo, karpet merah, lampu hias, layar kuning emas
e. Bunga, layar kuning emas, karpet merah, lampu hias
Jawaban E

Pembahasan
Soal : harus ada karpet merah.
Syarat : " karpet merah" harus menyertakan layar kuning emas ( aturan 2 ), Karpet merah harus dipasang bersamaan dengan lampu hias (aturan 3), Bunga harus ada dalam pernikahan (aturan 4).
Jadi, jika pelanggan menginginkan karpet merah dipernikahannya harus ada juga : layar kuning emas, lampu hias, dan bunga.

Budi memiliki 3 jenis burung peliharaan. Burung 1 memiliki warna yang unik dan harganya relatif murah. Burung 2 lebih mahal dari burung 1 dan warnanya tidak begitu unik. Burung 3 kalah mahal dari burung 1 tetapi warnanya paling unik.
Jika burung 3 paling mahal dan burung 2 paling unik, maka kesimpulan yang benar adalah . . . .
a. Burung 3 lebih mahal dari burung 2 tetapi kalah unik dari burung 1.
b. Burung 2 lebih mahal dari burung 1 dan lebih unik dari burung 3.
c. Burung 1 lebih unik dari burung 3 dan lebih mahal dari burung 2.
d. Burung 2 dan 3 paling unik tetapi kalah mahal dari burung 1.
e. Burung 3 harganya paling mahal dan lebih unik dari burung 1
Jawaban 

Pembahasan
Sesuai data
Ada dua hal yang perlu dicermati, yaitu warna unik dan harga.
Burung 1 : unik dan harga murah
Burung 2 : lebih mahal dari burung 1 dan tidak unik.
Burung 3 : kalah mahal dari burung 1 dan paling unik.

Soal :
Burung 3 paling mahal dan burung 2 paling unik.
Jadi, urutan dari paling mahal dan unik
Harga : B3-B1-B2
Unik : B2-B3-B1
Kesimpulan : B3 paling mahal dan lebih unik dari B1

5 orang sabahat ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Nilai IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia Nita masing-masing 80, 80, dan 85. Syarat untuk masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes nilai matematika dan IPA minimal 80, sedangkan bahasa Indonesia 85. Nilai matematika Yuan lebih baik dari Nita berbeda dengan nilai IPA dan bahasa Indonesianya. Yeni berbeda lagi, nilai IPA nya tertinggi diantara teman-temannya, tetapi matematika dan bahasa Indonesianya paling rendah. Rudi lebih baik urusan bahasa Indonesia dan IPA, tetapi masih kalah dari Nita untuk matematika. Nilai Andi sama persis dengan nilai Rudi, tetapi nilai Matematikanya lebih baik dari Yuan.
Siapakah yang bisa masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur tes?
a. Nita, Rudi, dan Yuan
b. Yuan, Rudi, Yeni
c. Andi dan Nita
d. Yeni, Rudi, Andi, dan Yuan
e. Yuan, Nita, Andi, dan Rudi
Jawaban B

Pembahasan
Sesuai data
Syarat masuk PTN tanpa tes nilai :
M dan I : 80
B : 85

Nilai 5 anak :
Nita : M 80, I 80, B 85 ( memenuhi syarat masuk PTN tanpa tes )
Yuan : M > 80 , I < 80, B < 85
Yeni : M < 80, I > 80 (tertinggi), B < 85
Rudi : M < 80, I > 80, B > 85
Andi : M > 80, I > 80, B > 85
Jadi, anak yang masuk ke PTN tanpa tes : Nita dan Andi. Sedangkan Yuan, Yeni, dan Rudi melalui jalur tes.

Satgas covid 19 berencana melakukan tracking setelah X dikonfirmasi positif covid 19. X adalah seorang pegawai swasta pada hari Y ke sekolah pagi hari mengantar anaknya, ke swalayan membeli susu anaknya yang masih bayi waktu pulang kerja lalu ke pasar untuk menjemput istrinya sore hari setelah dari swalayan. Satgas Covid 19 akan melalukan tracking berdasarkan aktivitas X pada hari Y tersebut dan melakukan rapit tes bagi orang yang kemungkinan kontak langsung dengan X. Berikut aktivitas A, B. C, dan D pada hari Y.
- A mengantar ke sekolah lebih pagi dari X karena urusan yang mendadak dan siang hari pergi ke swalayan untuk membeli air mineral.
- B tidak mengantar anaknya ke sekolah hari itu karena akan berkunjung dulu ke suatu tempat urusan pekerjaan. B adalah teman 1 kantor X.
- C kesehariannya di pasar karena dia adalah seorang pedagang.
- D belum mempunyai seorang anak. Karena usianya masih relatif muda. Dia adalah karyawan yang kesehariannya bekerja di swalayan.
Berdasarkan hasil tracking satgas covid 19, siapa saja yang paling mungkin menjalani rapit tes?
a. A, B, dan D
b. B dan D
c. C, D, dan A
d. B, C, dan D
e. A, B, dan C
Jawaban D

Pembahasan
Sesuai data
Pada hari Y, aktivitas X sebagai berikut:
1. ke sekolah pagi mengantar anak
2. ke swalayan sore hari
3. ke pasar sore hari

Tracking A,B,C, dan D pada hari Y
A : ke sekolah lebih pagi dari X dan ke swalayan siang hari 
B : tidak ke sekolah dan teman 1 kantor X
C : pedagang setiap hari di pasar
D : pekerja swalayan

Dari data tracking yang paling mungkin untuk rapit tes adalah B, C, dan D. ketiga orang ini kemungkinan melakukan kontak langsung dengan X.

Untuk penalaran analitis, kalian membutuhkan waktu lebih untuk menemukan jawaban. Jadi, perhatikan waktu dengan baik. 

Sekian contoh soal dan pembahasaan untuk tes SKD kedinasan materi TIU kemampuan verbal, bisa kalian jadikan referensi atau bahan belajar buat kalian. Semangat, jangan pernah putus asa, dan semoga sukses di Tes SKD kedinasan.





0 Response to "Contoh Soal Skd Kedinasan dan Pembahasan Materi Tes Intelegensia Umum 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel