Contoh Soal Berita dan Pembahasan Kelas 8 Serta Tips Mengerjakan

Contoh Soal Berita dan Pembahasan serta Tips Mengerjakan


 Halo sobat Bahasa Kita, 


Kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai contoh soal dan cara penyelesainnya sebagai bahan referensi buat kalian.

Soal yang saya ulas berkaitan dengan materi berita meliputi menyimpulkan berita, mengidentifikasi struktur, menelaah kaidah kebahasaan, dan menganalisis unsur 5W+1H.



Langsung saja kita ke contoh soal . . . .

Sebuah mobil Mitsubishi Pajero mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Ujung Menteng, Jakarta Timur dini hari tadi. Kecelakaan diduga diakibatkan pengemudi mobil hilang kendali (out of control).

Unsur-unsur yang terdapat dalam kutipan berita di atas adalah . . . .

a     What, who, when, where

b     What, when, why, how

c      What, where, when, why

d     What, where, why, when

Pembahasan :

Unsur-unsur berita meliputi 5W+1H ( what, who, when, where,why, how ). Unsur-unsur berita yang terdapat pada kutipan berita di atas adalah what, where, when, dan why terdapat pada option C. Berikut penjelasannya.

What : Kecelakaan tunggal dialami mitsubishi Pajero

Where : di Jalan Ujung Menteng, Jakarta Timur

When : Dini hari

Why : Kecelakaan diduga pengemudi mobil hilang kendali


Tips menjawab soal jenis ini, pertama kita harus paham unsur-unsur berita meliputi apa saja. Selanjutnya kita harus sesuaikan unsur-unsur yang terdapat pada kutipan berita di soal ( opsional ), bisa dimulai dari what, when, where, dsb.

Contoh :

Calon Wali Kota Tangerang Selatan, Muhamad yang disandingkan dengan Rahayu Saraswati ( who ), resmi mengundurkan dirinya dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Tangerang Selatan ( What ), Rabu (5/8/2020) ( When ).

Unsur berita di atas : who,what, when.

 


Patung-patung ini dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor

Kata kerja mental pada kutipan berita di atas adalah . . . .

a     Ritual

b     Dimandikan

c      Memeriahkan

d     Memasang

Pembahasan :

Soal ini berhubungan dengan kaidah kebahasan. Kata kerja mental adalah reaksi atau respon seseorang terhadap suatu tindakan, kondisi, dan pengalaman. Bisa dikatakan bahwa kata kerja ini merupakan bentuk jawaban seseorang terhadap apa yang sedang dia hadapi.

Kata kerja mental yang terdapat pada kutipan berita di atas adalah memasang, option D. Berikut penjelasannya.

Kata “ memasang “ merupakan sebuah reaksi atau respon yang disebabkan kondisi menjelang perayaan Tahun Baru Cina.

Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor

 

 

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito menyampaikan ada sejumlah kandidat vaksin virus Corona COVID-19 yang tengah diteliti. Dari sekian banyak, belum ada satupun yang benar-benar lulus uji.

Lebih detail, Prof Wiku menyebut ada 139 kandidat vaksin yang sedang menjalani tahap uji preklinis. Sebanyak 25 kandidat vaksin menjalani uji klinis tahap 1, 17 kandidat vaksin ada di tahap 2, dan 7 kandidat vaksin ada di tahap 3.

"Belum ada satupun di dunia yang sudah lulus uji," tegas Prof Wiku dalam siaran pers di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/8/2020).

Salah satu dari 7 kandidat vaksin yang memasuki tahap akhir uji klinis adalah Sinovac buatan China. Vaksin tersebut saat ini tengah disiapkan untuk menjalani uji klinis tahap 3 di Bandung, Indonesia.

Sumber : http://mautidur.com

Kesimpulan berita di atas adalah . . . .

a     Kandidat vaksin virus corona tengah diteliti dan menjalani uji klinis tahap 3 di Bandung

b     Belum ada satupun vaksin virus corona yang lulus uji

c      Sinovac buatan China salah satu vaksin corona yang menjalani uji klinis tahap akhir

d     Pemerintah Indonesia menyeleksi vaksin virus corona

Pembahasan :

Tips menyimpulkan sebuah teks maupun paragraf, temukan ide pokoknya terlebih dahulu. Letak ide pokok bisa di awal maupun di akhir mengacu pada jenis pengembangan paragraf  yang digunakan. Jika letak ide pokok paragraf di awal ( kalimat awal, bisa pertama dan kedua ) pola yang digunakan adalah deduktif. Jika letak ide pokok paragraf berada di akhir ( kalimat akhir ) pola yang digunakan adalah induktif.

Kesimpulan sebuah teks atau paragraf bisa menggunakan ide pokok saja, bisa juga menggunakan ide pokok ditambah dengan kalimat penegasan. Letak kalimat penegasan berada di akhir teks atau paragraf. Mari kita temukan jawaban soal di atas.

Ide pokok : Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito menyampaikan ada sejumlah kandidat vaksin virus Corona COVID-19 yang tengah diteliti.

Menjadi : sejumlah kandidat virus corona tengah diteliti

 

Kalimat penegasan : Salah satu dari 7 kandidat vaksin yang memasuki tahap akhir uji klinis adalah Sinovac buatan China. Vaksin tersebut saat ini tengah disiapkan untuk menjalani uji klinis tahap 3 di Bandung, Indonesia.

Menjadi : vaksin tersebut menjalani uji klinis tahap 3

 

Kesimpulan : sejumlah kandidat virus corana tengah diteliti dan menjalani uji klinis tahap 3 terdapat pada option A

 

Catatan : Kesimpulan pada sebuah teks atau paragraf tidak harus gabungan dari kalimat awal dan akhir tergantung option jawaban. Tetapi setiap menyimpulkan, ide pokok paragraf tidak boleh ditinggalkan.

 

 

Hingga Senin pagi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban tsunami Selat Sunda mencapai 50 orang meninggal dunia, 588 orang luka-luka dan 3 orang hilang. Bahkan, jumlah korban hilang kini telah berkembang menjadi lebih dari 210 orang.

 

Kutipan berita di atas termasuk bagian . . . .

a     Peristiwa

b     Orientasi berita

c      Sumber berita

d     Kesimpulan

 

Pembahasan :

Soal ini berhubungan dengan struktur teks berita. Struktur teks berita meliputi 3 hal, yaitu orientasi berita, peristiwa, dan sumber berita.

Orientasi berita merupakan bagian awal atau pembukaan sebuah berita berisi garis besar kejadaian/informasi yang akan diberitakan.

Peristiwa merupakan bagian inti dari berita berisi jalannya kejadian/peristiwa mulai dari awal hingga akhir.

Sumber berita berisi asal didapatkannya informasi yang diberitakan.

 

Membaca dan memahami kutipan berita di soal, kutipan berita tersebut berisi garis besar peristiwa tentang jumlah korban tsunami di Selat Sunda. Bisa dipastikan bahwa kutipan berita di atas termasuk bagian orientasi berita.

 

 

Puluhan warga bahu-membahu membersihkan ruang, perabotan, dan semua patung dewa dalam vihara tersebut. Patung-patung ini dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor.

 

Verba transitif dalam kutipan berita di atas adalah . . . .

a     Membersihkan

b     Memeriahkan

c      Dimandikan

d     Menyambut

 

Pembahasan :

Verba adalah kata kerja. Sedangkan verba transitif adalah kata kerja yang membutuhkan dua nomina, yaitu sebagai subjek dan sebagai objek dalam kalimat.

Contoh : Ibu memasak sayur di dapur

Subjek : Ibu

Objek : Sayur

Verba : Memasak

Penjelasan secara sederhana seperti contoh di atas.

 

Jadi untuk menjawab soal di atas, kita harus mengindentifikasi unsur gramatikal setiap kalimat yang ada di soal.

Jawaban untuk soal berita di atas adalah option A, berikut penjelasannya.

Puluhan warga ( S ) bahu-membahu membersihkan ( P/verba ) ruang, perabotan, dan semua patung dewa ( O ) dalam vihara tersebut.( K )

 

Kalimat di atas memiliki Subjek ( S ), Objek ( O ), dan Perdikat/Verba.


Sekian, semoga bermanfaat.

Salam Bahasa Kita, semangat berlatih.






2 Responses to "Contoh Soal Berita dan Pembahasan Kelas 8 Serta Tips Mengerjakan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel