Materi Teks Berita Kelas 8 : Pengertian, Syarat Berita, Bagian, Jenis, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan


Pengertian, Syarat Berita, Bagian, Jenis, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

 Halo sobat Bahasa Kita, semoga semua selalu dalam keadaan sehat, Amin.

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai berita. Berita bukan sesuatu yang asing buat kita semua. Bahkan setiap hari kita berdampingan dengan yang namanya berita baik melalui surat kabar maupun televisi. Lantas, apa itu berita? dan apa saja yang dibahas dalam materi berita? Mari kita simak ulasan mengenai berita berikut!



Berita adalah laporan peristiwa (fakta) atau pendapat (opini) yang aktual (terkini), menarik dan penting. Ada juga yang mengartikan berita sebagai informasi baru yang disajikan dalam pembacaan / penulisan yang jelas, aktual dan menarik. Berita juga bisa kita artikan sebagai sebuah informasi yang ditujukan kepada khalayak atau masyarakat. Secara sederhana tujuan dari sebuah berita adalah menyampaikan informasi.

Sebagai seorang penulis berita, tentunya mengetahui bagaimana syarat agar berita yang ditulis itu baik dan bisa diterima oleh khalayak. Berikut syarat berita yang baik.

Fakta
Berita harus berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata.
Aktual
Terkini dan masih baru, serta jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu lama.
Seimbang
Berita tidak memihak kepada salah satu pihak.
Lengkap
Berita harus memenuhi unsur-unsur berita meliputi 5W+1H.
Menarik
Berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. Berita dapat dikatakan menarik bila bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya.
Sistematis
Berita disusun secara sistematis, urutannya jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam menangkap isi berita.

Bagian-bagian Berita

1.      Headline
Headline dapat disebut juga sebagai judul, umumnya dilengkapi juga dengan anak judul. Yang fungsinya untuk memudahkan para pembaca supaya dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik supaya lebih menarik.

Deadline
Bagian ini umumnya berisi nama media massa, tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa. Tujuannya untuk menunjukan tempat peristiwa dan inisial dari media massa yang menyampaikan berita.
 
Lead
Merupakan unsur yang sangat penting dalam berita, karena dapat menentukan apakah isi dari berita tersebut akan dibaca atau tidak oleh masyarakat. Dapat dikatakan juga sebagai inti suatu berita, yang berfungsi untuk menggambarkan seluruh isi berita tapi secara ringkas. Biasanya disebut dengan teras berita dan ditulisnya pada paragraf pertama.

Body
merupakan bagian tubuh berita, berisi peristiwa-peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body dapat disebut juga sebagai bagian perkembangan berita.

Jenis-jenis Berita

Straight News
Merupakan berita langsung, ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya. 

Depth news
Merupakan berita yang mendalam, beritanya ini dikembangkan secara mendalam dan tujuannya untuk lebih mengangkat suatu permasalahan secara lebih mendalam.

Investigation news
Merupakan berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai macam sumber. Investigation news hampir mirip depth news, bedanya pada depth news hanya melaporkan peristiwa yan terjadi secara mendalam saja.

Interpretative News
Merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat maupun penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.

Opinion news
Merupakan berita tentang pendapat seseorang. Misalnya pendapat mahasiswa, pejabat, para ahli mengenai suatu kejadian atau peristiwa.

Struktur Teks Berita

Teks berita terdiri 3 (tiga) struktur yang saling berkaitan membentuk suatu teks menjadi sebuah kesatuan teks yang utuh.Struktur Teks berita sendiri terdiri dari Orientasi, Peristiwa, dan Sumber berita.
Untuk mengetahuinya lebih dalam mengenai struktur berita, berikut penjelasannya.
Orientasi berita, berisi tentang awal atau pembukaan dari suatu kejadian atau peristiwa yang akan diberitakan.Pada bagian ini biasanya berisi tentang penjelasan secara singkat mengenai informasi yang akan diberitakan tersebut. 
Peristiwa, inti pokok dari permasalahan yang dibahas di dalam berita.Pada bagian ini akan dijelaskan tentang jalannya kejadian dari awal hingga akhir berdasarkan fakta asli. 
Sumber berita, berisi mengenai asal didapatnya informasi yang diberitakan .Bagian ini biasa terletak di akhir berita namun tidak jarang peletakannya terdapat di dalam berita itu sendiri.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan merupakan kaidah atau ketentuan bagaimana suatu teks dibangun. Dengan adanya kaidah kebahasaan inilah kita dapat membedakan apakah suatu teks itu termasuk ke dalam teks berita atau bukan. Adapun ciri atau kaidah kebahasaan teks berita adalah sebagai berikut:

1.        Verba Transitif

Verba adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya, jenis kata ini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Verba diartikan sebagai kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan (Kata kerja).

Verba transitif adalah verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek, dan satu lagi sebagai objek dalam suatu kalimat aktif. Objek dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif.

Contoh verba transitif : memulai, menuduh, menabrak. 

Contoh dalam kalimat:

Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di dekat lokasi anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di Laut Tiongkok Selatan.

2.        Verba pewarta

Verba pewarta adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu percakapan. Verba pewarta ini menjadi salah satu ciri kebahasaaan yang ada dalam teks berita.

Contoh verba pewarta : mengatakan, memaparkan, memberitakan, dan lain – lain. Contoh dalam kalimat:

Banyak sekali media yang memberitakan peristiwa terjadinya kecelakaan di Mina, Arab Saudi ketika sedang pelaksanaan ibadah haji.

3.        Adverbia atau kata keterangan 

Adveria adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain. 

4.        Konjungsi temporal 

Konjungsi temporal adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu. 

Contoh : kemudian, setelah, akhirnya. 

5.        Kalimat langsung 

Kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang merupakan hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang yang sama persis seperti apa yang dikatakannya. 

6.        Kalimat tidak langsung

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita. 


Inilah ulasan singkat mengenai materi berita. Semoga bisa bermanfaat.
Sekian, salam bahasa kita. Terus semangat!














0 Response to "Materi Teks Berita Kelas 8 : Pengertian, Syarat Berita, Bagian, Jenis, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel