Cara Membuat Simpulan Paragraf dan Teks dengan Mudah

 Cara Membuat Simpulan Paragraf dan Teks dengan Mudah


Halo sobat guru BI,

Menyimpulkan paragraf maupun teks? bagaimana caranya ? apa bedanya menyimpulkan paragraf dengan teks? Terkadang kita kesulitan untuk menemukan kesimpulan dari suatu bacaan, baik berupa paragraf maupun teks. Sebenarnya untuk menarik kesimpulan suatu bacaan itu bisa dilakukan dengan cara sederhana dan mudah. Ada beberapa teknik yang harus dipelajari untuk membuat kesimpulan paragraf dan teks. Salah satunya dengan menemukan ide pokok paragraf dan kalimat utama, menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya. 

Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara menyimpulkan paragraf dan teks. Mari kita simak ulasan berikut . . . 

Ada dua pengertian kesimpulan menurut KBBI.
1. Kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya)
2. Keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif
Dari dua pengertian di atas bisa kita maknai bahwa kesimpulan dibuat setelah kita memahami suatu pokok permasalahan. Kesimpulan bisa kita artikan sebagai pengambilan inti dari suatu permasalahan.


Simpulan Paragraf dan Teks

Menyimpulkan paragraf atau teks berarti mengambil inti persoalan, ide dasar, yang ada pada paragraf atau teks tersebut. Setiap paragraf maupun teks memiliki inti permasalahan yang diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas. Dilihat dari pengertiannya, paragraf dengan teks berbeda. Paragraf terdiri dari beberapa kalimat, sedangkan teks tersusun dari beberapa paragraf yang membentuk kepaduan atau saling berhubungan antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya. Jadi, menyimpulkan paragraf tentunya berbeda dengan menyimpulkan teks. 

Cara Menyimpulkan Paragraf

Ada beberapa langkah dalam menyimpulkan paragraf yang bisa kita sebut dengan istilah 4M, yaitu membaca, menemukan, menggabungkan, dan menyimpulkan.
Membaca dimaksudkan adalah membaca keseluruhan isi paragraf mulai dari awal hingga akhir.

Menemukan disini berarti menemukan kalimat utama pada paragraf tersebut. Letak kalimat utama dalam paragraf bisa berada di awal ( deduktif ) dan bisa berada di akhir ( induktif ).

Menggabungkan berarti menggabungkan kalimat utama dengan kalimat penegas yang ada pada paragraf. Letak kalimat penegas dalam paragraf umumnya berada di akhir paragraf.

Menyimpulkan berarti membuat kalimat simpulan dengan kalimat kita sendiri sesuai gabungan kalimat utama dengan kalimat penegas. Bentuk kalimat simpulan lebih ringkas dengan tujuan lebih memudahkan pembaca untuk memahami. 

Perlu diketahui bersama, dasar untuk menyimpulkan paragraf adalah kalimat utama. Ketika menyimpulkan paragraf, kalimat utama harus ada dan tidak boleh ditinggalkan.

Ada dua tips membuat simpulan paragraf.
1. Berdasarkan kalimat utama bisa di awal kalimat jika deduktif, bisa di akhir kalimat jika induktif. 
    Contoh :
Saat ini alam telah rusak akibat keserakahan umat manusia. Mereka hanya memanfaatkannya dengan mengambil hasilnya tanpa ikut melestarikan. Akibatnya, banyak bencana alam yang terjadi karena rusaknya alam ini. Contohnya bencan tanah longosr yang terjadi beberapa minggu yang lalu di desa Suka Maju. Bencana itu adalah ulah para penebang-penebang kayu. Mereka dengan seenaknya mengambil kayu di hutan tanpa menanamnya kembali. Akibatnya, tanah kehilangan kekuatannya sehingga amblas terkena air hujan dan mengubur pemukiman warga. 

Simpulan
Rusaknya alam karena ulah manusia.

2. Gabungan dari kalimat pertama atau kedua ( letak kalimat utama ) dengan kalimat akhir paragraf.
    Contoh :
Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan membaca, ilmu dan wawasan kita akan semakin luas, sehingga kita tidak akan tertinggal oleh jaman yang semakin maju ini. Selain bermanfaat, membaca juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Membaca buku ternyata juga bisa merefresh otak-otak kita yang tegang. Oleh karena itu, marilah menciptakan budaya membaca karena membaca bisa memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.

Simpulan :
Membaca bermanfaat untuk memperluas wawasan dan menenangkan suasana hati.


Baca Juga :

Cara Menyimpulkan Teks

Beberapa langkah untuk membuat simpulan teks.
1. Membaca keseluruhan isi teks.
2. Menemukan ide pokok dari tiap-tiap paragraf.
3. Merangkai ide pokok dari tiap-tiap paragraf tersebut menjadi satu kalimat.

Contoh 1 : 

   Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari.
   Pemerintah dan lembaga kesehatan sering menggalakkan kegiatan-kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamatan masyarakat. Kegiatan penanggulangan tersebut diantaranya membuang sampah pada tempatnya, pendauran ulang sampah organik dan non-organik, dan lain sebagainya. ( saintif.com )

Simpulan :
Kebersihan lingkungan sangat penting di masyarakat ( paragraf 1 )
Menggalakkan kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan ( paragraf 2 )

" Kebersihan lingkungan sangat penting di masyarakat untuk itu harus digalakkan kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan. "


Contoh 2 :

    Menjaga kesehatan area mulut terutama gigi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, ketika kamu mengalami sakit gigi, hal itu bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Bahkan, kamu juga bisa mengalami pusing dan daya tahan tubuh jadi menurun. Untuk itulah, menjaga kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting.
    Kita sudah paham bahwa sejak kecil menjaga kesehatan gigi itu penting. Asal disiplin dan rajin untuk merawatnya, sebenarnya kesehatan gigi akan terjaga. Langkah sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggosok gigi sekitar 2 sampai 3 kali sehari. Namun, terkadang hal ini suka lupa atau malas untuk kita dikerjakan.

Kesimpulan : 
" Menjaga kesehatan gigi perlu dilakukan sejak kecil."


Bagaimana sobat, sudah bisa memahami? Silahkan tulis di komentar jika ada yang ingin kalian tanyakan.

Sekian, semoga bermanfaat.














0 Response to "Cara Membuat Simpulan Paragraf dan Teks dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel