Materi Membuat Kalimat Tanggapan untuk Kelas 9

Materi Membuat Kalimat Tanggapan


Halo sobat Bahasa Kita, 

Opini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) diartikan sebagai pendapat, pikiran, pendirian. Bisa kita simpulkan bahwa opini sebuah pendapat yang sesuai dengan pemikiran atau pendirian seseorang. Dalam bahasa Indonesia, kalimat opini sangat diperlukan untuk kita dapat berargumen, mengemukakan pendapat, membuat tanggapan terhadap suatu persoalan. 

Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat kalimat tanggapan yang baik. Mari kita simak ulasan berikut.




Kalimat Tanggapan

Menurut KBBI, tanggapan berarti sambutan terhadap ucapan ( kritik, komentar, dan sebagainya ). Tanggapan juga bisa berarti respon atau reaksi terhadap suatu hal. Bentuk tanggapan dapat berupa kritik maupun saran yang sifatnya membangun. Lalu, apa itu kalimat tanggapan?

Kalimat tanggapan adalah kalimat yang berisi reaksi seseorang berupa kritik maupun saran terhadap suatu pokok permasalahan. Berdasarkan isinya, kalimat tanggapan dibedakan menjadi 2 yaitu kalimat tanggapan posisif dan kalimat tanggapan negatif.

Kalimat tanggapan positif berisi persetujuan ( pro ) dan dukungan terhadap suatu pernyataan tertentu.
Kalimat tanggapan negatif berisi penolakan ( kontra ) terhadap suatu pernyataan. 
Contoh : 
" Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) untuk siswa dengan sistem daring menjadi prioritas utama di masa pandemi covid-19 ".

Tanggapan positif : Langkah tersebut sudah tepat guna mencegah penyebaraan virus covid-19. Disamping itu, adanya PJJ sistem daring ini membuat siswa tidak melupakan kewajiban mereka sebagai pelajar yaitu belajar.

Tanggapan negatif : Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) kurang efektif karena kita tidak bisa memantau siswa secara langsung. Selain itu, kondisi setiap daerah berebeda-beda jika ditinjau dari segi kekuatan jaringan internetnya. Hal ini tentu membuat siswa yang berada di lokasi minim jaringan internet kesulitan mengikuti PJJ.

Untuk membuat kalimat tanggapan baik positif maupun negatif, harus disertai dengan argumen-argumen untuk memperkuat tanggapan yang kita buat. Selain itu, kalimat tanggapan harus logis atau masuk akal tidak boleh menyimpang dari persoalan.


Tanggapan logis bisa berarti tanggapan atau komentar yang masuk akal dan bisa dicerna dengan akal sehat. 

Langkah-langkah membuat tanggapan logis terhadap isi teks.
1. Membaca dan memahami isi teks secara keseluruhan
2. Mencari kalimat opini dalam teks tersebut.
3. Membuat tanggapan logis berdasarkan opini-opini yang ada pada teks.

Contoh :

Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.


Kalimat opini : Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.

Tanggapan logis : Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya mengingat cadangan minyak bumi semakin hari semakin menipis.

Rencana pembangunan megaproyek jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatra diharapkan tidak sampai menelantarkan ekosistem hutan yang ada di sekitar lokasi pembangunan. Pembangunan jembatan tersebut kemungkinan besar akan mengonversi lahan pertanian di Banten serta berpotensi pada pembabatan hutan dan perusakan lingkungan di Sumatra. Hendaknya pemerintah mengadakan kesepakatan kerjasama secara terbuka dengan masyarakat untuk tidak merusak hutan, mempertahankan lahan pertanian, dan memperhatikan industri maritim.

Tanggapan logis : Pembangunan jembatan penghubung Pulau Jawa dan Pulau Sumatra harus memperhatikan kelestarian hutan dan lingkungan sekitar.

Teks di atas berisi kalimat-kalimat opini, sehingga kita tidak perlu mengidentifikasi kalimat opini.




Sebagian produk-produk industri dalam negeri khususnya dalam barang kebutuhan sehari-hari kurang laku dipasaran, masyarakat lebih menyukai produk luar negeri, karena kualitasnya lebih baik.

Tanggapan logis : Kualitas produk-produk dalam negeri harus ditingkatkan karena sebagian besar masyarakat menginginkan mutu suatu produk.




Sungai di tengah kota hamper diseluruh Indonesia kotor dan berbau. Akhir-akhir ini malah semakin tidak ada yang peduli terhadap air sungai yang mengalir di tengah kota. Gebrakan membersihkan sungai hanya sesaat. Sudah saatnya sungai ditengah kota kembali diberdayakan untuk rekreasi, olahraga air, budi daya ikan. Tentunya semua harus peduli terhadap air sungai agar kebersihan air terbebas dari segala limbah.

Tanggapan logis : Mengajak masyarakat khususnya yang tinggal di pinggiran sungai untuk membersihkan sungai secara berkala agar keberseihan tetap terjaga.




Menurunnya jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disebabkan oleh beberapa faktor. Padatnya jam belajar adalah salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya minat siswa daiam mengikuti kegiatan tersebut. Kurang bervariasinya kegiatan dan minimnya dana turut menyebabkan menurunnya jumtah siswa yang mengikuti kegiatan.

Tanggapan logis : Perlu evaluasi penataan ulang kegiatan ekstrakurikuler agar diminati oleh para siswa.



Sekian ulasan mengenai " membuat kalimat tanggapan ".

Semoga bermanfaat

Salam Bahasa Kita,

 
















0 Response to "Materi Membuat Kalimat Tanggapan untuk Kelas 9 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel