Menemukan Ide Pokok Paragraf

 Menemukan Ide Pokok Paragraf

Halo sobat guruBI,

Belajar tentang paragraf, tentu kita akan dihadapkan dengan yang namanya ide pokok paragraf. Paragraf terdiri dari beberapa kalimat yang saling bertautan sehingga membentuk kepaduan. Di dalam setiap paragraf pasti ada yang namanya inti dari suatu topik paragraf. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut.



Ide Pokok Paragraf, Gagasan Utama, dan Kalimat Utama

Paragraf memiliki dua unsur pembangun, yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama dapat diartikan sebagai kalimat inti berisi pokok pikiran utama. Sedangkan kalimat penjelas berisi uraian-uraian yang mendukung kalimat utama. 

Ide pokok paragraf atau sering disebut gagasan utama paragraf adalah suatu pokok pikiran yang mendasari sebuah paragraf. Dengan kata lain, ide pokok paragraf berisi garis besar topik yang akan menjadi pembahasan di dalam paragraf tersebut. Ide pokok paragraf berada di dalam kalimat utama. Jadi kesimpulannya, untuk menemukan ide pokok paragraf kita harus mencari dulu kalimat utama. 



Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf dibagi menjadi 3 yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. 

Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini di awali dari hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus ( umum-khusus ). Letak kalimat utama  bisa berada di kalimat pertama atau kalimat kedua dalam sebuah paragraf. 

Contoh 1 : 

Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI memperlajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Kalimat yang dicetak tebal di atas adalah kalimat utama paragraf tersebut. Jadi ide pokok paragraf di atas adalah " Persiapan Pemprov DKI untuk mengantisipasi banjir ".

Contoh 2 :

Pembelajaran menjadi salah satu fasilitas yang dapat berpengaruh besar dalam membentuk sumber energi manusia bermutu. Lewat pembelajaran, bisa terbentuk generasi berkarakter yang sanggup mengaktualisasikan diri jadi ujung tombak kemajuan peradaban.

Ide pokok paragraf di atas " Proses pembelajaran berpengaruh membentuk manusia bermutu."

Paragraf induktif adalah kebilkan dari paragraf deduktif, yaitu paragraf yang letak kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Paragraf deduktif di mulai dari hal-hal yang bersifat khusus menuju ke hal-hal yang bersifat umum ( khusus-umum ). Umumnya kalimat utama paragraf jenis ini berada di kalimat terakhir. 

Contoh :

Di dalam buku tentang Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), Daniel Goleman menjelaskan kepada kita bahwa kecerdasan emosional dan sosial dalam kehidupan diperlukan 80%, sementara kecerdasan intelektual hanyalah 20% saja. Dalam hal inilah maka pendidikan karakter diperlukan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang justru dipenuhi dengan perilaku biadab. Maka terpikirlah oleh para cerdik pandai tentang apa yang dikenal dengan pendidikan karakter (character education).

Ide pokok paragraf di atas " pentingnya pendidikan karakter."

Paragraf campuran adalah jenis paragraf yang letak kalimat utamya berada di kalimat awal dan kalimat akhir. Bisa kita simpulkan paragraf campuran di awali dengan inti pembahasan dan di akhiri juga dengan kalimat menjadi inti pembahasan dalam paragraf. 

Contoh :
Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang berperan penting sebagai bahasa pemersatu bangsa. Mengingat ada banyaknya kebudayaan yang tersebar luas keseluruh negeri ini. Beraneka ragam kebudayaan ini tentu menghadirkan bahasa yang beragam pula. Setiap daerah memiliki bahasa daerah masing-masing yang menjadi simbol daerah tersebut. Sebagai contoh bahasa orang Jawa berbeda dengan bahasa orang Sunda. Hal inilah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dari keberagaman bahasa-bahasa daerah yang ada. 

Ide pokok paragraf di atas " bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa."


Langkah-langkah menemukan ide pokok paragraf.
- Baca dan pahami paragraf tersebut.
- Temukan kalimat utamanya
- Simpulkan kalimat utama tersebut dengan kalimatmu sendiri sesuai isi yang ada di kalimat utama.


Sekian ulasan mengenai menemukan ide poko paragraf,
Semoga bisa bermanfaat...







1 Response to "Menemukan Ide Pokok Paragraf"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel