Materi Iklan Kelas 8: Pengertian, Ciri ciri, Syarat Penulisan, Jenis, Bagian Iklan, Unsur Unsur, dan Langkah Menulis Iklan
Pengertian, Ciri ciri, Syarat Penulisan, Jenis, Bagian Iklan, Unsur Unsur, dan Langkah Menulis Iklan
Halo sobat Bahasa Kita, mari berkreasi lewat iklan.
Iklan merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita sobat. Bahkan sebagian orang menjadikan iklan sebagai rutinitas untuk menawarkan barang maupun jasa. Ini menjadi kesenangan tersendiri ketika kita bisa beriklan baik di media sosial maupun lingkungan sekitar.
Kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai apa itu iklan dan apa saja materi-materi yang ada pada pembelajaran tentang iklan.
Iklan
adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya
tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan
memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang
di media massa seperti koran dan majalah atau di tempat-tempat umum.
Secara
umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk,
merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu.
Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk
atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak
yang membuat iklan.
·
Ciri-ciri
iklan
1.
Komunikatif
2.
Informatif
3.
Bahasanya mudah dimengerti dan
diingat masyarakat
4. Menarik perhatian dan bersifat
mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah
diiklankan
·
Syarat
iklan
1.
Kata dan bahasanya tertata dan tidak
memiliki tafsir ganda.
2.
Bahasa yang dipakai menarik dan
mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
3.
Tidak boleh merendahkan atau
menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
4.
Objektif dan jujur
5. Iklan harus dibuat dengan
memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.
6.
Tidak
menyinggung pihak lain
Jenis-
Jenis Iklan
1.
Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang
dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan
lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar,
majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu:
a.
Iklan
Baris
Iklan baris adalah iklan yang hanya
dibuat dalam beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak
lebih dari satu kolom. Biayanya reletif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk
menghemat biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam
iklan ini umumya disingkat , penuh makna, dan sederhana. Hal yang di iklankan
dalam iklan baris biasanya iklan lowongan pekerjaan, barang dan jasa dll.
Contoh :
- Dcri
PRT pria/wanita, usia min 18th
max 40th, krj mdh, gaji mnckupi, minat
hub: 081321321321.
- Honda
Jazz type RS Merah Muda ’15
full ors sgt trwt, msin bgs sprti bru.
Surat smua ada, minat hub: 45678910.
b.
Iklan
Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang dibuat dalam bentuk kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Hal yang di iklan kan berupa iklan barang dan jasa, loker dan lain- lain.
2. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan
yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak
atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.
Bagian-bagian Iklan
1. Headline
Headline
merupakan kepala iklan, biasanya headline merupakanrangkaian kalimat atau
kata-kata pendek, dan seringkali berupa slogan. Ciri-ciri headline antara
lain : tulisan menonjol, umumnya kalimat pendek, bahkan satu kata saja, berisi
kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian
masyarakat
2. Subjudul
Sub
Judul merupakan bagian dari iklan yang bertugas untuk menjabarkan lebih jauh
pesan yang terdapat dalam judul. Ciri-ciri subjudul antara lain sebagai berikut
: uruf lebih kecil dari headline , terkadang di tulis dengan warna yang berbeda
, huruf tebal dan warna yang berbeda. letak sub headline berdekatan dengan
headline.
3. Teks iklan
Isi
iklan atau naskah iklan yang dicetak dengan menggunakan jenis huruf yang lebih
kecil daripada baris display.
4. Nama dan alamat
Mungkin
saja sudah cukup hanya dengan menyebutkan nama produk atau perusahaan pada
iklan tersebut, didukung dengan logo, tetapi pengiklam lain ada yang
mencantumkan alamat dan nama mereka dengan jelas. Hal ini dilakukan dengan
tujuan agar pembaca dapat mengenali mereka dengan jelas.
5. Signature slogan atau strapline
Kalimat
penutup, dan hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra
perusahaan
Unsur - Unsur Iklan
Unsur
–unsur yang terkandung dalam iklan terbagi menjadi dua, yaitu kalimat
deskriptif dan kalimat persuasif. Kalimat deskriptif merupakan deskripsi dalam iklan
yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan
diiklankan. Kalimat persuasif merupakan persuasi dalam iklan yang berfungsi
untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang
sedang diiklankan.
1.
Attention ( perhatian ).
Iklan
yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
2.
Interest ( minat ).
Setelah
mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa
ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
3.
Desire ( keinginan ).
Suatu
cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
4.
Conviction ( rasa percaya ).
Untuk
mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang
berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5.
Action ( tindakan ).
Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
Langkah-langkah
menyusun teks iklan
1.
Mendeskripsikan objek teks iklan
Tentukan
objek (barang, jasa, atau kegiatan) yang akan diiklankan, misalnya sepeda,
rumah, komputer, lowongan pekerjaan, atau layanan masyarakat. Sebelum membuat
teks iklan, deskripsikan terlebih dahulu objek yang akan diiklankan agar informasi
yang disampaikan lengkap.
2.
Menentukan media dan bentuk pemasangan
Agar penyampaian iklan dapat mencapai
sasarannya, pengemasan dan penyajian iklan harus mempertimbangkan beberapa
faktor, seperti sasaran, media, tempatdan daya pemikat yang diusung oleh sebuah
iklan. Pemasangan iklan itu sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk
(langsung atau tidak langsung) dan dengan berbagai media (elektronik dan
cetak). Pilihan bentuk dan media beriklan akan memengaruhi cara saji iklan
serta biaya yang dikeluarkan. Semakin canggih mendia yang digunakan, semakin
mahal biaya yang dibutuhkan, dan semakin tinggi pula kreativitas yang dituntut
untuk membuat sebuah iklan.
3.
Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan
Perjelas
tujuan yang hendak kamu capai dalam membuat teks iklan. Perjelas pesanmu untuk
mendapatkan hasil akhir yang dikehendaki apabila kamu ingin orang-orang menghubungimu,
melakukan pembelian, atau bertanya tentang produk. Tulislah isi pesan tersebut
menggunakan pilihan kata, menarik, dan sopan sesuai gaya bahasa iklan yang
cenderung persuasif. Pilihan kata tepat, menarik, dan sopan dimaksudkan agar
kata-kata tersebut mampu menarik perhatian sasaran iklan. Isi iklan harus
jujur, menarik, jelas, dan tidak bertentangan dengan produk lain. Bahasa iklan
pun harus singkat, padat, mudah dipahami , dan berkonotasi positif.
4.
Menentukan judul teks iklan
Judul
membangkitkan keingin tahuan sasaran iklan. Judul teks iklan dapat berupa nama
produk, jasa, atau kegiatan. Buatlah judul semenarik mungkin untuk menggugah
minat sasaran iklan.
Bagaimana sobat, sudah bisa memahami? kalau ada yang belum jelas silahkan tanyakan di kolom komentar.
Sekian semoga bermanfaat.
Salam bahasa kita.
0 Response to "Materi Iklan Kelas 8: Pengertian, Ciri ciri, Syarat Penulisan, Jenis, Bagian Iklan, Unsur Unsur, dan Langkah Menulis Iklan"
Post a Comment