Materi Iklan Kelas 8: Pengertian, Ciri ciri, Syarat Penulisan, Jenis, Bagian Iklan, Unsur Unsur, dan Langkah Menulis Iklan

Pengertian, Ciri ciri, Syarat Penulisan, Jenis, Bagian Iklan, Unsur Unsur, dan Langkah Menulis Iklan


 Halo sobat Bahasa Kita, mari berkreasi lewat iklan.

Iklan merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita sobat. Bahkan sebagian orang menjadikan iklan sebagai rutinitas untuk menawarkan barang maupun jasa. Ini menjadi kesenangan tersendiri ketika kita bisa beriklan baik di media sosial maupun lingkungan sekitar. 

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai apa itu iklan dan apa saja materi-materi yang ada pada pembelajaran tentang iklan. 




Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti koran dan majalah atau di tempat-tempat umum.

Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.


·           Ciri-ciri iklan

1.         Komunikatif

2.         Informatif

3.         Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat

4.    Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan


·           Syarat iklan

1.      Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.

2.      Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.

3.      Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.

4.      Objektif dan jujur

5.   Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.

6.      Tidak menyinggung pihak lain

 

Jenis- Jenis Iklan

1.        Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu:

a.       Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan yang hanya dibuat dalam beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Biayanya reletif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk menghemat biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan ini umumya disingkat , penuh makna, dan sederhana. Hal yang di iklankan dalam iklan baris biasanya iklan lowongan pekerjaan, barang dan jasa dll.

Contoh :

-        Dcri PRT pria/wanita, usia min 18th

max 40th, krj mdh, gaji mnckupi, minat

hub: 081321321321.

-        Honda Jazz type RS Merah Muda ’15

full ors sgt trwt, msin bgs sprti bru.

Surat smua ada, minat hub: 45678910.


b.      Iklan Kolom

Iklan kolom adalah iklan yang dibuat dalam bentuk kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Hal yang di iklan kan berupa iklan barang dan jasa, loker dan lain- lain.



2.       Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.



Bagian-bagian Iklan

1.        Headline

Headline merupakan kepala iklan, biasanya headline merupakanrangkaian kalimat atau kata-kata pendek, dan seringkali berupa slogan. Ciri-ciri headline antara lain : tulisan menonjol, umumnya kalimat pendek, bahkan satu kata saja, berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian masyarakat

2.        Subjudul

Sub Judul merupakan bagian dari iklan yang bertugas untuk menjabarkan lebih jauh pesan yang terdapat dalam judul. Ciri-ciri subjudul antara lain sebagai berikut : uruf lebih kecil dari headline , terkadang di tulis dengan warna yang berbeda , huruf tebal dan warna yang berbeda. letak sub headline berdekatan dengan headline.

3.        Teks iklan

Isi iklan atau naskah iklan yang dicetak dengan menggunakan jenis huruf yang lebih kecil daripada baris display. 

4.        Nama dan alamat

Mungkin saja sudah cukup hanya dengan menyebutkan nama produk atau perusahaan pada iklan tersebut, didukung dengan logo, tetapi pengiklam lain ada yang mencantumkan alamat dan nama mereka dengan jelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pembaca dapat mengenali mereka dengan jelas. 

5.        Signature slogan atau strapline

Kalimat penutup, dan hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra perusahaan


Unsur - Unsur Iklan

Unsur –unsur yang terkandung dalam iklan terbagi menjadi dua, yaitu kalimat deskriptif dan kalimat persuasif. Kalimat deskriptif merupakan deskripsi dalam iklan yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan. Kalimat persuasif merupakan persuasi dalam iklan yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

1.         Attention ( perhatian ).

Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2.         Interest ( minat ).

Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3.         Desire ( keinginan ).

Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.

4.         Conviction ( rasa percaya ).

Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5.         Action ( tindakan ).

Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Langkah-langkah menyusun teks iklan

1.        Mendeskripsikan objek teks iklan

Tentukan objek (barang, jasa, atau kegiatan) yang akan diiklankan, misalnya sepeda, rumah, komputer, lowongan pekerjaan, atau layanan masyarakat. Sebelum membuat teks iklan, deskripsikan terlebih dahulu objek yang akan diiklankan agar informasi yang disampaikan lengkap.

2.        Menentukan media dan bentuk pemasangan

Agar penyampaian iklan dapat mencapai sasarannya, pengemasan dan penyajian iklan harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti sasaran, media, tempatdan daya pemikat yang diusung oleh sebuah iklan. Pemasangan iklan itu sendiri dapat dilakukan dalam berbagai bentuk (langsung atau tidak langsung) dan dengan berbagai media (elektronik dan cetak). Pilihan bentuk dan media beriklan akan memengaruhi cara saji iklan serta biaya yang dikeluarkan. Semakin canggih mendia yang digunakan, semakin mahal biaya yang dibutuhkan, dan semakin tinggi pula kreativitas yang dituntut untuk membuat sebuah iklan.

3.        Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan

Perjelas tujuan yang hendak kamu capai dalam membuat teks iklan. Perjelas pesanmu untuk mendapatkan hasil akhir yang dikehendaki apabila kamu ingin orang-orang menghubungimu, melakukan pembelian, atau bertanya tentang produk. Tulislah isi pesan tersebut menggunakan pilihan kata, menarik, dan sopan sesuai gaya bahasa iklan yang cenderung persuasif. Pilihan kata tepat, menarik, dan sopan dimaksudkan agar kata-kata tersebut mampu menarik perhatian sasaran iklan. Isi iklan harus jujur, menarik, jelas, dan tidak bertentangan dengan produk lain. Bahasa iklan pun harus singkat, padat, mudah dipahami , dan berkonotasi positif.

4.        Menentukan judul teks iklan

Judul membangkitkan keingin tahuan sasaran iklan. Judul teks iklan dapat berupa nama produk, jasa, atau kegiatan. Buatlah judul semenarik mungkin untuk menggugah minat sasaran iklan.


Bagaimana sobat, sudah bisa memahami? kalau ada yang belum jelas silahkan tanyakan di kolom komentar.

Sekian semoga bermanfaat.

Salam bahasa kita.






















0 Response to "Materi Iklan Kelas 8: Pengertian, Ciri ciri, Syarat Penulisan, Jenis, Bagian Iklan, Unsur Unsur, dan Langkah Menulis Iklan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel